Sabtu, 27 Agustus 2011

Pertahankan Polis Anda demi Sejahteranya Keluarga

Para pembaca yang budiman, kesadaran Anda dalam berasuransi merupakan langkah yang bijak dan arif demi kebahagiaan keluarga di tengah risiko munculnya ragam kejadian tak terduga di kemudian hari.

Tindakan Anda dalam membeli polis asuransi jiwa sebagai bagian dari perencanaan keuangan keluarga merupakan langkah yang penting dan strategis! Selanjutnya, pertahankan polis yang sudah Anda miliki sehingga polis tersebut bisa bekerja dan melindungi seluruh keluarga dan perusahaan secara maksimal. Langkah ini amat penting untuk mengatasi risiko keuangan yang semakin besar dan kompleks di kemudian hari.


Antisipasi saat Krisis
Mungkin, karena satu kebutuhan yang mendesak atau kondisi lainnya, Anda sedang mencari solusi untuk memperkecil pengeluaran keuangan dalam rumah tangga.


Kalau solusi Anda adalah membatalkan polis asuransi yang sedang berjalan, saya amat menyarankan agar Anda mempertimbangkan kembali solusi tersebut! Mengapa demikian? Pembatalan polis yang sedang berjalan bisa menimbulkan empat konsekuensi yang merugikan Anda.

Pertama, bila Anda membatalkan sebuah polis asuransi dan nantinya Anda berharap untuk mengambil polis asuransi pada kesempatan mendatang, dapat dipastikan bahwa Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kembali.

Karena usia sudah pasti bertambah, statistik menunjukkan bahwa status kesehatan umumnya mungkin lebih buruk ketimbang kondisi saat ini. Akibatnya, Anda akan membayar premi yang lebih mahal.

Atau, Anda bahkan tidak layak sama sekali untuk membeli sebuah polis asuransi sehingga risiko keuangan di kemudian hari menjadi beban Anda sendiri. Kedua, jumlah premi asuransi yang harus Anda bayar otomatis akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia Anda.

Bahkan, tarif premi yang Anda bayar saat ini bisa jadi tidak akan cukup bila nantinya Anda membeli polis asuransi yang sama dengan pertanggungan yang sama pula.

Ketiga, umumnya polis asuransi memiliki klausul inkontestibilitas. Esensinya, setelah sebuah polis asuransi jiwa berjalan sepanjang tahun tertentu (umumnya dua atau tiga tahun), perusahaan asuransi tidak akan melakukan “kontes: terhadap klaim yang Anda ajukan, kecuali bila pembayaran premi Anda tertunda.

Bila Anda membatalkan polis saat ini dan nantinya Anda akan membeli polis asuransi yang sama, polis Anda yang baru terpaksa akan mengalami periode kontestabilitas yang baru.

Keempat, polis jenis tertentu mengenakan biaya bila Anda membatalkan polis sebelum tanggal jatuh tempo. Itu sebabnya, sebelum Anda berniat melakukan pembatalan terhadap polis yang sedang berjalan, konsultasikan hal itu dengan agen asuransi jiwa yang menjadi konsultan Anda.

Sekali Anda memproteksi diri dengan polis asuransi jiwa, seyogianya polis itu tetap melekat dalam diri Anda dan keluarga demi kesejahteraan dan kebahagiaan di masa depan.

Bagaimana dengan Anda yang saat ini belum berasuransi? Atau, sejauh mana urgensi bagi Anda yang saat ini sedang mempertimbangkan diri untuk memperlengkapi dengan polis asuransi jiwa? Sebelum semuanya terlambat, Anda perlu mengambil keputusan untuk segera memproteksi diri dan keluarga dengan asuransi jiwa.

Setidaknya ada dua alasan untuk tidak menunda pembelian polis asuransi jiwa, yakni (1) Risiko munculnya kematian, kemalangan, dan malapetaka secara tak terduga; (2) Kondisi kesehatan Anda yang amat dipengaruhi oleh faktor usia dan riwayat kesehatan.

Pertama, Anda tidak pernah bisa menduga kapan terjadinya kematian, kemalangan, dan malapetaka di sekitar kehidupan ini. Rangkaian peristiwa itu bisa terjadi seketika dan sering tanpa aba-aba.

Sebagai kepala keluarga, ketika Anda mengalami penyakit kritis yang berkepanjangan, misalnya, akumulasi uang dan harta bisa tersedot habis untuk biaya perawatan di rumah sakit dan pemeliharaan sesudahnya!

Kesulitan keuangan dapat diatasi kalau sebelumnya Anda sudah memproteksi diri dengan polis asuransi jiwa. Pada kondisi lain, apakah Anda pernah membayangkan apa yang akan terjadi seandainya Tuhan memanggil Anda besok? Kalau itu terjadi, bagaimana dengan masa depan keluarga dan anak-anak tercinta? Siapakah yang akan membiayai hidup dan pendidikan mereka?

Kegalauan dan kekhawatiran tersebut bisa dieliminasi bila sebelumnya Anda sudah memproteksi diri dan keluarga dengan asuransi jiwa. Dengan mekanime asuransi, risiko keuangan tersebut ditransfer ke perusahaan asuransi, dan selanjutnya akan dibagi bersama dengan perusahaan reasuransi.

Perusahaan asuransi akan membayarkan santunan uang pertanggungan untuk mengatasi masalah keuangan tersebut. Kedua, kondisi kesehatan Anda saat ini sangat terkait dengan usia dan riwayat kesehatan.

Ketika Anda menunda keputusan untuk membeli asuransi sampai beberapa tahun yang akan datang, secara otomatis besarnya premi yang harus dibayar pada beberapa tahun ke depan menjadi lebih besar seiring dengan bertambahnya usia.

Itu sebabnya, sesegera mungkin putuskan untuk membeli polis asuransi jiwa demi kesejahteraan Anda dan keluarga. Kepastian bahwa polis asuransi jiwa tetap melekat pada Anda dan keluarga merupakan landasan yang kokoh demi kebahagiaan bersama keluarga tercinta.

EDDY KA BERUTU
Praktisi Asuransi dan
Ketua Departemen Pendidikan,
Pelatihan, dan Pengembangan AAJI
(Koran SI/Koran SI/ade)
Sumber :http://economy.okezone.com/read/2011/03/29/315/439910/pertahankan-polis-anda-demi-sejahteranya-keluarga

Hubungi saya di email : portalmitachalik@yahoo.com No Handphone :081286503163

Tidak ada komentar:

Posting Komentar